Nama : Faishal Rizqi
Kelas : 4IA22
NPM
: 53413121
Dosen :
Rina Noviana
SDM (Sumber Daya Manusia)
Sumber Daya
Manusia (SDM) merupakan salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak bisa
dilepaskan dari sebuah organisasi, baik perusahaan ataupun instuisi. Selain
itu, SDM juga merupakan faktor yang mempengaruhi perkembangan suatu perusahaan.
Perencanaan
Perencanaan
Perencanaan adalah sebuah PATOKAN untuk mempermudah menejer agar tercapainya sebuah tujuan, mmebuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain-pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan—tak akan dapat berjalan.
Rencana dapat berupa rencana informal
atau rencana formal. Rencana informal adalah rencana yang tidak tertulis dan
bukan merupakan tujuan bersama anggota suatu organisasi. Sedangkan rencana
formal adalah rencana tertulis yang harus dilaksanakan suatu organisasi dalam
jangka waktu terten
Rekruitmen
Rekrutmen merupakan suatu cara mengambil keputusan perencanaan manajemen sumber daya manusia mengenai jumlah karyawan yang dibutuhkan, kapan diperlukan, serta kriteria apa saja yang diperlukan dalam suatu organisasi. Rekrutmen pada dasarnya merupakan usaha mengisi jabatan atau pekerjaan yang kosong di lingkungan suatu organisasi atau perusahan, untuk itu ada dua sumber tenaga kerja yakni sumber dari luar (eksternal) organisasi dan sumber dari dalam (internal) organisasi.
Rekruitmen internal meliputi karyawan yang ada sekarang
yang dapat dicalonkan untuk dipromosikan, dipindahtugaskan atau dirotasi
tugasnya, serta mantan karyawan yang bisa dikaryakan dipanggil kembali.
Rekrutmen eksternal adalah proses mendapatkan tenaga kerja dari pasar tenaga
kerja di luar organisasi atau perusahaan.
Proses
Perekrutan Karyawan Baru dan Promosi Jabatan di PT Denso
Di dalam proses rekruitment external di PT Denso sendiri
ada beberapa tahapan tes yang harus di lalui oleh posisi Operator dan STAFF.
Dimana untuk proses perekrutan operator adalah
- Seleksi lamaran (CV) yang masuk
sesuai standar perusahaan (minimal nilai 7)
- Pemanggilan calon karyawan baru
untuk mengikuti Psikotes
- Proses seleksi melalui kecepatan
bekerja, daya tangkap, dan konsentrasi
- Proses seleksi melalui training
selama 10 hari
- Proses interview dengan user dari
perusahaan
- Proses penandatanganan kontrak
- Proses berkerja
Sedangakan untuk posisi staff atau dengan pendidikan
minimal d3 atau s1 adalah
- Seleksi lamaran (CV) yang masuk sesuai standar perusahaan (minimal IPK 2.75)
- Pemanggilan calon karyawan baru untuk mengikuti Psikotes
- Proses interview dengan user dari perusahaan
- Proses interview dengan Direk. dari perusahaan
- Proses penandatanganan kontrak
- Proses berkerja
Untuk perekrutan Internal di PT Denso sendiri ada beberapa kriteria standar yaitu
· Penilaian Kinerja
· Displin (absen, perilaku, sikap)
· Rekomendasi
· Kemampuan (skill)
Persyaratan :
- Pria dan Wanita
- Usia 18 - 23 Tahun
- Pendidikan (Lulusan SMA - SMK Semua jurusan)
- Tinggi Badan Pria min. (160) dan Wanita
min(155)cm
- Tidak cacat Fisik
- Tidak Bertato dan tidak bertindikan
- Siap penempatan di bekasi sekitar Nya
Berkas yang di lampirkan :
- Surat Lamaran Kerja
- Daftar Riwayat Hidup
- Foto copy Ijazah
- Foto copy SKHUN
- Foto copy SKCK
- Surat Keterangan Sehat dari Dokter
- Foto copy KTP
- Foto copy Kartu Keluarga
- Pas Foto terbaru Ukuran 4X6
Gaji Pokok (Sallary) UMR Bekasi :
- Lemburan + Premi Hadir
- Uang Makan + Catering
- Uang Transport + Jemputan
- THR (Tunjangan Hari Raya)
- Jamsostek
Kami memberikan persyaratan di Atas sesuai yang di butuhkan
perusahaan, dan bagi yang berminat dan Memenuhi persyaratan diatas segera
kirimkan Lamaran anda ke alamat dibawah ini:
PT. DENSO INDONESIA
Head Office :
JL Gaya Motor I no:6 Sunter II Tanjung Priok, Jakarta 14330
Phone :(62)(21) 6512279 Fax : (62)(21) 6510566
Bekasi Factory :
Jl Kalimantan Blok E1-2, Kw Industri MM2100, Cikarang Barat,
Bekasi 17520
Phone : (62)(21) 8980303 Fax : (62)(21) 8980605
Tanggung jawab sosial perusahaan
Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya). perusahaan adalah memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang di antaranya adalah konsumen, karyawan,pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.
Oleh karena itu, CSR berhubungan erat dengan "pembangunan berkelanjutan", yakni suatu organisasi, terutama perusahaan, dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan dampaknya dalam aspek ekonomi, misalnya tingkat keuntungan atau deviden, tetapi juga harus menimbang dampak sosial dan lingkungan yang timbul dari keputusannya itu, baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka yang lebih panjang. Dengan pengertian tersebut, CSR dapat dikatakan sebagai kontribusi perusahaan terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan dengan cara manajemen dampak (minimisasi dampak negatif dan maksimisasi dampak positif) terhadap seluruh pemangku kepentingannya.
Tanggung jawab sosial PT
Unilever Indonesia Tbk
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan PT. Unilever Indonesia Tbk. Unilever Indonesia membentuk Yayasan Unilever Indonesia Peduli (UPF) pada tanggal 27 November 2000 sebagai langkah penting dari perwujudan komitmen tanggung jawab sosial perusahaan untuk berkembang bersama masyarakat dan lingkungan yang berkelanjutan.Kami berupaya untuk memberikan kontribusi dalam pencapaian kualitas hidup yang lebih baik.
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan PT. Unilever Indonesia Tbk. Unilever Indonesia membentuk Yayasan Unilever Indonesia Peduli (UPF) pada tanggal 27 November 2000 sebagai langkah penting dari perwujudan komitmen tanggung jawab sosial perusahaan untuk berkembang bersama masyarakat dan lingkungan yang berkelanjutan.Kami berupaya untuk memberikan kontribusi dalam pencapaian kualitas hidup yang lebih baik.
Misi kami
adalah menggali dan memberdayakan potensi masyarakat, memberikan nilai tambah
bagi masyarakat, memadukan kekuatan para mitra dan menjadi katalisator bagi
pembentukan kemitraan. Dalam meningkatkan reputasi perusahaan, kami menekankan
pentingnya berkesinambungan dalam pelestarian lingkungan, kehidupan sosial,
maupun pertumbuhan usaha.Pencapaian kualitas hidup yang lebih baik memiliki
arti yang luas, oleh karenanya Yayasan memfokuskan kegiatannya ke dalam empat
program utama, yaitu:
- Program Pengembangan Usaha Kecil Menengah;
- Program Pelestarian Sumber Air;
- Program Daur Ulang dan
- Program Pendidikan Kesehatan Masyarakat.
Dalam mengembangkan programnya, Yayasan berpegang pada 2 strategi utama yaitu:
- Mengembangkan program yang terkait usaha
kami;
- Merumuskan model kegiatan atau program
percontohan yang dapat diterapkan di daerah lain;
- Bekerja
sama dengan unsur-unsur masyarakat seperti LSM, lembaga pemerintah,
pranata pendidikan pelaku bisnis lain.
- Membuat
replikasi model di daerah-daerah lain. Dalam melaksanakan inisiatif
tanggung jawab sosial, kami menerapkan pendekatan menyeluruh bagi setiap
inisiatif. Melihat konteks yang lebih luas, mulai dari yang kecil untuk
memastikan pencapaian hasil yang baik lalu, kami bergerak cepat untuk
mereplikasikan inisiatif tersebut, sehingga dampaknya dapat dirasakan
masyarakat luas.
NILAI DAN PERILAKU: FOKUS KEPADA PELANGGAN, KONSUMEN DAN MASYARAKAT
Perhatian utama
kami adalah memenangkan hati pelanggan (internal dan eksternal) dan upaya
membahagiakan konsumen dan masyarakat secara terus-menerus, dengan memahami dan
mengantisipasi kebutuhan mereka, serta menanggapinya secara mandiri.
- Secara
proaktif mendengarkan kebutuhan konsumen dan masyarakat - menghasilkan
tindakan yang berfokus pada peningkatan nilai.
- Menanggapi dengan serius setiap persoalan pelanggan, pembeli dan masyarakat
- Merencanakan secara efektif - memberikan waktu persiapan yang cukup untuk
bekerja dengan baik.
- Memenuhi apa yang dijanjikan – tepat waktu.
- Peduli
terhadap kondisi sosial masyarakat di sekitar kamiPerilaku ini diterapkan
dalam - kegiatan perusahaan sehari-hari. Tahun 2003, kami memperkenalkan
Program 3C (Consumer, Customer and Community) Connection kepada karyawan
kami. Mereka didorong untuk secara proaktif mendengarkan keinginan
pelanggan, konsumen dan masyarakat, guna mengumpulkan masukan bagi
peningkatan kontribusi kami. Dalam menerapkan program UPF yang berkesinambungan, kami selalu
aktif mencari masukan, usulan dan komentar para stakeholder, terutama dari
masyarakat agar dapat menciptakan kontribusi perusahaan lebih efektif,
efisien dan tepat sasaran. Pertemuan bulanan dengan tokoh masyarakat
dilakukan secara rutin, sebagai pendekatan yang bottom-up.Berfokus pada
kekuatan Unilever, kami yakin dapat memberikan kontribusi yang lebih besar
bagi masyarakat sekitar khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya.
Program sosial masyarakat yang dilakukan brand-brand Unilever di antaranya:
- Kampanye
Cuci Tangan dengan Sabun (Lifebuoy)
- Program
Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut (Pepsodent)
- Program
Pelestarian Makanan Tradisional (Bango)
- Program memerangi kelaparan dan membantu anak Indonesia yang kekurangan gizi (Blue Band)
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar