Rabu, 25 November 2015

Konsep Pemodelan Grafik

Nama               : FAISHAL RIZQI
NPM                : 53413121
Kelas                : 3IA22
Mata Kuliah     : Desain Pemodelan Grafik
Nama Dosen    : Syefani Rahma Deski

1.Pengertian Desain Pemodelan Grafis.

Apakah arti desain ?
Desain merupakan perencanaan dalam pembuatan sebuah objek, sistem, komponen atau struktur. Kemudian, kata “desain” dapat digunakan sebagai kata benda maupun kata kerja. Dalam artian yang lebih luas, desain merupakan seni terapan dan rekayasa yang berintegrasi dengan teknologi.Dalam kamus besar bahasa Indonesia desain berarti kerangka , bentuk ,rancangan atau motif dari suatu objek.Dan dalam kamus besar bahasa inggris desain berarti suatu pola , rancangan atau cipta suatu objek.

Apa arti Permodelan/model ?
Permodelan atau model merupakan rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa model fisik (maket, bentuk prototipe), model citra (gambar, komputerisasi,grafis dll), atau rumusan matematis.Dalam kamus besar bahasa Indonesia , permodelan atau model berarti  pola (contoh, acuan, ragam, dan sebagainya) dari sesuatu yang akan dibuat atau dihasilkan:Dalam kamus besar bahasa inggris permodelan atau model berarti suatu contoh dari suatu objek yang akan dibuat.

Apa arti grafik/grafis ?
Grafik atau grafis merupakan segala cara pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, tanda, dan gambar yang diperbanyak melalui proses percetakan guna disampaikan kepada khalayak. Contohnya adalah: foto, gambar/drawing.Dalam kamus besar bahasa Indonesia grafik atau grafis berarti bersifat graf; bersifat huruf; dilambangkan dengan huruf . Dalam kamus besar bahasa inggris grafik atau grafis berarti suatu objek yang berbentuk atau membentuk seperti huruf dan memiliki suatu arti tersendiri.

Desain Grafis adalah cabang ilmu dari seni. Desain yang dalam perkembangannya desain grafis dibantu oleh komputer dalam mendesain sebuah object. Orang yang bekerja dalam bidang ini di sebut seorang Desainer , dan seorang Desainer harus memiliki minimal 5 (lima) dimensi Keilmuan yaitu :
1. Wawasan Teknologi
2. Wawasan Sains
3. Wawasan Seni
4. Wawasan Sosial Dan Budaya
5. Wawacan Filsafat Dan Etika

 Jadi pengertian dari Desain Pemodelan Grafik adalah proses merencanakan atau merancang, membuat objek baru kemudian memproses obyek tersebut menjadi suatu bentuk yang diinginkan dengan bantuan software komputer.



2.Prinsip dan Unsur Pemodelan Desain Grafis
prinsip desain grafis

a,Kesederhanaan
Banyak pakar desain grafis menyarankan prinsip ini dalam pekerjaan desain.

b.Keseimbangan
Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual.

c.Kesatuan
Kesatuan adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi.

d.Penekanan (aksentuasi)
Penekanan dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud.

e.Irama (repetisi)
Irama merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang, serupa dengan interval waktu antara dua nada musik beruntun yang sama.

Unsur desain grafik

a.Titik(point)
Titik adalah bagian terkecil dari suatu objek, yang menempati suatu tempat, yang tidak memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Titik adalah suatu idea tau bisa disebut abstrak. Dikarenakan titik tidak bisa dijelaskan dengan cara biasa, Titik termasuk sesuatu yang tak terdefinisi.

b.Garis (Line)
Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight). Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi desain.

c.Bentuk (Shape)
Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk dasar yang dikenal orang adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga (triangle). Pada desain komunikasi visual kita akan mempelajari betuk dasar dan bentuk turunan.

d.Tekstur (Texture)
Tekstur adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Yang pada prakteknya, tekstur sering dikategorikan sebagai corakdari suatu permukaan benda, misalnya permukaan karpet, baju, kulit kayu, cat dinding, cat canvas, dan lain sebagainya.

e.Ruang (Space)
Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis. Sebagai contoh, tanpa ruang Anda tidak akan tahu mana kata dan mana kalimat atau paragraf. Tanpa ruang Anda tidak tahu mana yang harus dilihat terlebih dahulu, kapan harus membaca dan kapan harus berhenti sebentar. Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure) dan latarbelakang (background).

f.Ukuran (Size)
Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek. Dengan menggunakan unsur ini Anda dapat menciptakan kontras dan penekanan (emphasis) pada obyek desain anda sehingga orang akan tahu mana yang akan dilihat atau dibaca terlebih dahulu.

g.Warna (Color)
Warna merupakan unsur penting dalam obyek desain. Karena dengan warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas. Dalam prakteknya warna dibedakan menjadi dua: yaitu warna yang ditimbulkan karena sinar (Additive color/RGB) yang biasanya digunakan pada warna lampu, monitor, TV dan sebagainya, dan warna yang dibuat dengan unsur-unsur tinta atau cat (Substractive color/CMYK) yang biasanya digunakan dalam proses pencetakan gambar ke permukaan benda padat seperti kertas, logam, kain atau plastik.

3.Prinsip dan Unsur dari Desain Grafis dalam Kesenian dan Arsitektur.
 Kesenian.
                Prinsip dalam bidang Kesenian sendiri yaitu desain memiiliki ruang kosong agar tampilan dari seni tersebut tidak terlalu terlihat padat sehingga dapat memiliki nilai keindahan yang enak untuk di nikmati serat memiliki kesederhanaan namun tidak mengurangi nilai keindahan di dalamnya.Unsur dalam bidang kesenian memiliki warna yang sesuai agar indah di lihat terutama. Unsur dari bentuk, apabila terlihat abstrak pun masih bisa terlihat nilai dari kesenian tersebut. Memiliki tekstur yang sesuai dengan kesenian yang dibuat.
           
Arsitektur.
Prinsip dalam bidang Arsitektur, desain grafis ini memiliki prinsip Emphasis atau disebut juga pusat perhatian, merupakan pengembangan dominasi yang bertujuan untuk menonjolkan salah satu unsur sebagai pusat perhatian sehingga mencapai nilai artistic.Unsur dari bidang arsitektur adalah Ruang yang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis. Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure) dan latarbelakang (background).

4.Maksud Desain Grafis dalam Karikatur ,Kesenian , Arsitektur dan Sistem.

Karikatur.
Dalam sebuah Karikatur, pemanfaatan desain grafis sangat di perlukan untuk membuat sebuah desain dari karikatur itu sendiri. Karena karikatur sangat memerlukan pemahaman tantang garis, titik-titik serta pewarnaan yang sesuai agar terlihat seperti aslinya. 

Kesenian.
            Dalam sebuah Kesenian, pemanfaatan desain grafis juga sangat diperlukan untuk membuat pola atau gambaran awal dari kesenian itu sendiri. Karena itu , Kesenian memerlukan pemahaman tentang beberapa unsur desain grafis seperti titik, garis , pewarnaan dan lainnya.

Arsitektur
            Dalam sebuah Arsitektur ,pemanfaatan desain grafis bermaksudkan untuk menentukan suatu kerangka dari model yang akan dibuat pada blue print atau cetak biru untuk suatu objek.Karena itu, Arsitektur memerkukan beberapa pemahaman mengenai unsur-unsur desain grafis itu sendiri.


Sistem.
            Dalam sebuah Sistem, pemanfaatan desain grafis diperlukan untuk merancang gambaran awal dari suatu sistem yang akan dibentuk . Karena itu, diperlukan pemahaman dari unsur desain grafis seperti garis dan titik.

5.Contoh Permodelan dari Desain Grafis dalam  Karikatur , Kesenian ,Arsitektur dan Sistem.

Karikatur.
            Pada Karikatur.contoh yang paling sederhana dari penggunaan pemahaman unsur desain grafis ialah : suatu potret atau gambar dari suatu objek(manusia) yang dibuat persis sama dengan aslinya menggunakan beberapa unsur desain grafis seperti garis ,titik dan lainnya.

Kesenian.
            Pada Kesenian.contoh yang paling sederhana dari penggunaan pemahaman unsur desain grafis ialah : suatu lukisan dari suatu objek(manusia , hewan dan lainnya) yang dibuat persis sama dengan aslinya menggunakan beberapa unsur desain grafis seperti garis ,titik dan lainnya.

Arsitektur.
            Pada Arsitektur.contoh yang paling sederhana dari penggunaan pemahaman unsur desain grafis ialah : suatu blue print atau cetak biru dari suatu objek(bangunan) yang dibuat untuk mengetahui bagaimana gambaran awal dari suatu objek tersebut menggunakan beberapa unsur desain grafis seperti garis ,titik dan lainnya.

Sistem.
            Pada Sistem.contoh yang paling sederhana dari penggunaan pemahaman unsur desain grafis ialah : suatu blue print atau cetak biru dari suatu objek(hubungan antar komponen) yang dibuat guna mengetahui keefektifan dari suatu Sistem menggunakan beberapa unsur desain grafis seperti garis ,titik dan lainnya.



Sumber :
           






Tidak ada komentar: