Sabtu, 19 Maret 2016

#PetGame 3D Engine untuk Game


Game Engine Gratis 

Game engine reality factory


Reality Factory adalah sebuah program yang - dalam hubungannya dengan alat-alat lain - memungkinkan Anda untuk membuat game dengan sudut pandang orang ke 1 dan ke-3 tanpa pemrograman! Reality Factory dibangun di atas mesin berkemampuan 3D Open Source dan mendukung semua kartu grafis 3D.

Reality Factory menyediakan sebagian besar perangkat yang diperlukan untuk membuat game. Anda masih akan membutuhkan sebuah program untuk membuat aktor (karakter dan alat peraga dalam permainan Anda) dan perangkat lunak untuk membuat tekstur, tetapi apa yang Anda tidak perlu adalah C / C ++ compiler dan beberapa coders untuk membangun mesin untuk Anda. Dengan menggunakan benda-benda yang disebut "entitas" yang ada di dunia, Anda dapat mengatur permainan - dengan efek audio, beberapa soundtrack, dan efek khusus.

Reality Factory dimaksudkan untuk menjadi "alat prototyping permainan cepat" - itu adalah mampu membuat untuk dimainkan, permainan menarik di berbagai genre tapi tidak dioptimalkan untuk satu jenis permainan. Meskipun Anda tentu dapat membuat permainan yang baik dengan Reality Factory, dan bahkan memberikannya dan atau menjualnya kepada orang lain, Anda tidak akan melihat jenis kecepatan dioptimalkan terik yang Anda lakukan dalam mesin-tujuan tunggal lainnya (seperti Quake 3 atau Unreal Tournament).

FITUR

permainan lengkap & sistem pembuatan machinima tanpa memerlukan pengetahuan pemrograman

menu disesuaikan & sistem HUD

Save / Load sistem

sistem senjata disesuaikan untuk jarak dekat & proyektil senjata

karakter yang telah ditetapkan dan kamera kontrol memberikan 1 dan 3 orang (gaya fakk2, gaya diablo, resident evil gaya sinematik) sudut pandang, berubah on-the-fly dalam game seperti yang diinginkan

Lengkap mesin percakapan interaktif, lengkap dengan GUI percakapan pohon builder untuk menulis skrip percakapan Anda

SCRIPTING

mesin scripting terpadu (Simkin) untuk NPC, sinematik & dalam game scripting urutan untuk menyesuaikan dalam game perilaku dan tindakan

script editor customizeable untuk menciptakan skrip Anda

Mendalam sistem NPC gadai, scriptable NPC & Pathpoint mesin

Phycics

Dasar fisik, deteksi tabrakan

LIGHTING & SHADOWS
Per vertex, lightmapping, radiosity
Dinamis berwarna (RGB) pencahayaan
pencahayaan pra-computed
Bayangan diproyeksikan
Volume Stencil Bayangan

Texturing

Dasar multi-texturing, bump-, sphere-, mip-mapping, tekstur prosedural

Video AVI & dukungan animasi GIF untuk cutscenes dan tekstur tingkat animasi

Dukungan untuk tekstur dikompresi

Sampai dengan 32 bit alpha-transparan tekstur

efek texturing dinamis seperti procedurals, animasi dan morphing

MANAJEMEN SCENE
BSP / Portal sistem rendering
sistem LOD

ANIMASI
animasi keyframe, animasi skeletal, animasi blending

EFEK KHUSUS
Customizeable efek & ledakan sistem
Billboarding, sistem partikel, skybox / skydome, air, api, ledakan, decals, kabut, hujan, cermin, teleporter, jumppads, baut pencahayaan, layar bergetar, bidang morphing, flipbooks animasi, permukaan melengkung mesin audio SUARA 3D dengan mp3, wav dan ogg dukungan

Game Engine : jMonkeyEngine

jMonkeyEngine adalah sebuah game engine yang dibuat khusus untuk pengembangan game 3D modern. Seluruh project-nya berbasis Java dengan dukungan OpenGL via LWJGL. jMonkeyEngine atau yang disingkat jME bersifat open source yang dirilis di bawah lisensi BSD. Game engine ini digunakan oleh beberapa studio game komersil dan juga dalam dunia pendidikan.

Fitur
Shaders
Pada jME3 menggunakan shaders menjadi lebih mudah
GLSL
Shader libraries
Shader permutations

Pencahayaan
Pencahayaan per-pixel
Pencahayaan multi-pass
Pencahayaan Phong
Diffuse Map
Alpha Map
Glow Map
Bump Map
Specular Map
Parallax Map
Tangent Shading
Pencerminan

Physics
Menggunakan jBullet, sebuah port Java dari Bullet Physics library yang digunakan pengembang terkemuka.

JBullet binding
Physical characters
Physical joints and hinges
Ray-cast physics
Ragdoll physics
Multi-threaded physics
Mesh-accurate collision shapes

Special Effects
Particles: asap, api, ledakan, dll
Post processing/ 2D Filter Effects
Pencerminan Air
Pemetaan bayangan
High Dynamic Range rendering
Screen Space Ambient Occlusion
Hamburan Cahaya
Efek Kartun
Kabut
Bunga Mekar
Depth of Field Blur

Asset System
Menggunakan file deskripsi untuk material, model, UI, desainer agar dapat bekerja menggunakan aset secara independen dari programmer.

Asset importing
Animasi
Mesh
Tekstur
Adegan
Material
Shaders
Memuat aset multi-threading via HTTP
Memuat adegan dari file ZIP
AssetPacks yang dapat dipakai bersama

Supported Formats
Model: Ogre Mesh XML, Ogre DotScene
Model: Wavefront OBJ, MTL
Tekstur: DDS, HDR, PFM, TGA, JPG, PNG, GIF
Huruf: Bitmap fonts
Audio: WAV and OGG (OpenAL, Ogg Vorbis)
Video: OGV (Ogg Vorbis)
File biner jME3 (obyek dan adegan): j30
Material jME3: j3m
Definisi Material jME3: j3md

Texturing
Texturing
Multi-texturing melalui shader
Gambar percikan tekstur

Terrain
Geomipmapped hightmap terrain
Import Ogre3D dotScene format
SkyBox and SkyDome
Pencahayaan terrain

Graphical User Interface
Orthogonal (Billboard) node
Inegrasi GUI yang bagus
Text fields
List boxes
Drop-downs
Sliders & scrollbars
Scrollpanel


Networking
SpiderMonkey
UDP
TCP
Compression
Thread safe

Miscellaneous
Perintah dan Kontrol untuk melaksanakan logika permainan
Cinematics and motion paths
Sistem Kamera
Tampilan normal atau paralel
Lebih dari satu tampilan
Swing canvas (misalnya untuk Applets)
Input handling
Mouse, keyboard, joystick
Gerakan combo

Mengenal 3D RAD

3D RAD adalah perangkat lunak freeware yang dikembangkan oleh Fernando Zanini dan didukung oleh vendor NVIDIA PhysX. 3D RAD digunakan untuk membuat game 3D, aplikasi 3D interaktif dan berbasis simulasi fisika yang berjalan pada sistem operasi Microsoft Windows XP/Vista/7/8.

Sebagai game engine, 3D Rad mempunyai editor yang berisi kumpulan komponen yang disebut objek. Objek tersebut bisa dimanipulasi dengan dikombinasikan dan dikonfigurasikan menggunakan berbagai macam cara.

Dalam menciptakan suatu game sederhana pada 3D RAD, pembuat game tidak perlu memahami bahasa pemrograman secara mendalam karena 3D RAD menggunakan minimal scripting.

3D RAD tidak memberikan batasan atas kreatifitas pembuat game. Sesuai perkembangan desain yang mengharuskan berorientasi objek, maka 3D Rad mendukung scripting via AngelScript yang berbasis C++. yaitu script yang dibuat para user dan modulnya dapat diterapkan dan diinteraksikan dengan objek - objek dan script yang lainnya.

Dengan demikian, para pembuat game dapat berkreasi tanpa batas dengan script (secara profesional) maupun tanpa script (secara amatir). Penggunaan script akan semakin sering seiring dengan kompleksitas game yang akan dibuat.

Keunggulan 3D RAD

3D RAD memiliki beberapa keunggulan dibanding game engine yang lainnya, antara lain :
· Cepat, instan dan mudah. Berbagai objek siap pakai sudah tersedia dan dapat dimodifikasi sesuka hati.
· 3D RAD merupakan aplikasi pembuat game yang dapat diunduh dan digunakan secara gratis.
· 3D RAD membebaskan lisensi game yang dibuat dengan 3D RAD baik itu untuk commercial maupun non-commercial purpose.
· 3D RAD menyediakan banyak objek siap pakai yang dapat dimanipulasi secara bebas sesuai kebutuhan.
· Dukungan teknologi PhysX membuat kualitas grafis game yang dihasilkan dengan 3D RAD akan lebih alami dan realistis.


Game Engine Berbayar
unity
Unity3d atau Unity adalah sebuahsoftware atau program komputer yang saat ini sedang populer di kalangan game developer atau para pembuat game. Dengan program Unity3d kita bisa membuat game dengan mudah dan cepat, dan yang lebih menguntungkan lagi bahwa game yang kita buat bisa dimainkan di berbagai platform, mulai dari PC (Windows, Mac), Website (Unity Web Player, Flash), Perangkat Mobile (Android, iOS), dan berbagai perangkat console (Nintendo Wii, PS3, Xbox 360).

Program Unity3d terdiri dari dua versi yaitu ada yang versi FREE dan PRO. Versi FREE merupakan versi gratis dari Unity sedangkan versi PRO merupakan versi berbayar yang pada saat artikel ini ditulis harganya $1500. Versi PRO ini dapat dicoba selama 30 hari, setelah habis masa percobaan akan menjadi versi FREE jika kita tidak membeli lisensinya. Perbedaan versi-versi ini terletak pada fitur-fiturnya, dimana versi PRO dijual dengan fitur lengkap sedangkan versi FREE digratiskan dengan beberapa fitur saja. Versi FREE hanya mendukung berbagai perangkat saja, sedangkan versi PRO mendukung banyak perangkat.

Hal yang paling menarik dari Unity3d adalah kemampuannya dalam mendukung berbagai perangkat teknologi. Unity3d membutuhkan perangkat tambahan (add-on) untuk melakukan hal itu. DImana perangkat tambahan (add-on) tersebut dijual dengan harga tertentu.

Namun ada berita penting dari Unity3d tertanggal 21 Mei 2013 yang dimuat di blog resmi Unity yaitu bahwa sebuah game atau applikasi yang dibuat agar dapat dimainkan di perangkat mobile yang selama ini membutuhkan add-on dengan lisensi PRO sekarang sudah di gratiskan alias FREE. Jadi sekarang kita bisa membuat game atau aplikasi yang bisa kita jalankan di perangkat mobile (Android dan iOS) dengan mudah dan gratis.

Hal utama yang membuat Unity3d sangat terkenal adalah kemampuannya dalam mengontrol berbagai Object (GameObject) dalam game atau applikasi dengan mudah. Fitur GUI (Graphic User Interface), Audio, Animasi, Effect, dan Scripting (Pemrograman) dimiliki oleh Unity3d dan proses mempelajarinya sangat mudah untuk pemula.

Unity3d mendukung Scripting (pemrograman) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman diantaranya C#, JavaScript (UnityScript), dan BOO Script. Jika sebelumnya kita mempunyai code C# yang penting, kita bisa menggunakannya di Unity dengan mudah.

Hal lain yang penting dari Unity adalah adanya Asset Store, dimana disini kita bisa membeli berbagai paket yang bisa kita gunakan sebagai asset dalam project kita, juga tersedia beberapa yang gratis

The leadwerks.


The Leadwerks Mesin adalah mesin permainan 3D didukung oleh OpenGL 4.0. Ini dirancang oleh Leadwerks Software. Leadwerks Mesin 2.0 memulai debutnya di The Game Creators Mei Terakhir [1] pada tanggal 1 Mei, 2008. Mesin memanfaatkan Newton permainan Dynamics SDK 2.0 (Newton Archimedes) untuk fisika, dan OpenAL dan EAX untuk suara dan efek suara 3D. Mesin ini didasarkan pada penyaji tangguhan pada Leadwerks 2.1 dan sistem pencahayaan terpadu yang memungkinkan untuk pencahayaan yang dinamis dan bayangan yang lembut tanpa menggunakan lightmaps atau pra-kompilasi. Oklusi pemusnahan dilakukan pada GPU untuk menghapus kebutuhan ruang partisi biner atau zona Portal. Mesin ini dikembangkan oleh Leadwerks Software, dan ditulis dalam BlitzMax.

Modul telah dilakukan oleh anggota masyarakat untuk memungkinkan penggunaan mesin dalam bahasa seperti Java, C #, VB.NET, dan Python, tapi C / C ++, BlitzMax dan Lua adalah bahasa yang awalnya ditargetkan dan secara resmi didukung. Mesin ini tidak resmi didukung dalam setiap bahasa yang dapat memuat DLL

ID Tech Engine

Engine ini adalah kakek dari segala game bergenre FPS. Sebenarnya, GE ini dibuat untuk game HoverTank 3d. Lalu berlanjut menghasilkan game FPS pertama Catacomb 3d, tapi karena kurang terkenal, dibuatlah Wolfenstein 3d. id Tech juga menghasilkan Game-game FPS Old School Quake series dan Doom Series, dengan Engine yang telah dimodifikasi. GE ini memiliki 5 generasi, dengan adanya FPS hebat hasil GE ini di setiap jamannya. Generasi terakhirnya adalah id Tech 5, yang menghasilkan game open-world post-apocalyptic bergenre FPS-Racing, RAGE.

Keunggulan dari Game Engine ini adalah bisa membuat MegaTexture, yaitu texture game yang bisa mencapai resolusi 128.000 x 128.000 pixel ! Dan juga dunia dinamis dengan Terrain Editor yang sederhana tetapi kompleks. GE ini juga memungkinkan pembuatan hanya satu jenis texture yang bisa dipakai untuk PC maupun console, yang sangat memudahkan port antar platform. Keunggulan lain adalah Soft-Edged Shadows, HDRR, dan beberapa fitur standar Game Engine.



Sumber :

Tidak ada komentar: